Berbagai Macam Tingkat Kematangan Steak

Kita semua tahu bahwa steak adalah makanan dari Barat. Tetapi setelah sampai di Indonesia, steak di Indonesia melalui berbagai lokalisasi, menjadikan arti antara steak di Indonesia dengan di Barat berbeda jauh. Mari kita bahas bersama-sama yuk!

Steak di Indonesia pada umumnya seperti ayam goreng, daging yang di digoreng dengan tepung crispy. Padahal sebenarnya steak pada umumnya adalah sebuah potongan daging yang di masak dengan berbagai level kematangan, sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan. Berikut adalah berbagai macam tingkat kematangan steak.

Rare

Rare adalah tingkat kematangan steak dimana steak hanya dimasak beberapa saat, sehingga dagingnya masih berwarna merah dengan crust yang mulai berubah menjadi coklat. Tekstur masih kenyal seperti daging fresh pada umumnya. Tidak dianjurkan untuk dimakan jika dagingnya tidak berkualitas baik.

Medium Rare

Rare adalah tingkat kematangan steak dimana steak dimasak sampai bagian tengah daging berubah menjadi pink, dengan sedikit warna merah dan crust-nya berwarna coklat muda di semua sisi. Teksturnya tidak terlalu kenyal. Chef pada umumnya menyukai cara penyajian ini.

Medium

Medium adalah tingkat kematangan steak dimana steak dimasak sampai terjadi separasi warna daging antara coklat muda dan pink di tengah dagingnya, crust-nya berwarna coklat muda kehitaman. Teksturnya mendekati halus, tetapi tidak terlalu kenyal lagi kenyal. Tingkat kematangan yang disenangi oleh orang pada umumnya.

Medium Well

Medium Well adalah tingkat kematangan steak dimana steak dimasak sampai warna daging coklat muda mendominasi warna pink. Crust-nya berwarna coklat muda kehitaman, sama seperti Medium. Teksturnya halus.

Well

Well adalah tingkat kematangan steak dimana steak dimasak sampai daging berwarna coklat muda semuanya, mendekati coklat tua. Crust-nya berwarna coklat tua. Teksturnya mendekati firm / keras saat di sentuh. Cara penyajian steak pada umumnya di Indonesia.

Nah itu dia berbagai macam penyajian steak pada umumnya ya guys! Jadi kalau kamu ingin mencoba memasak steak di rumah, ingat tingkat-tingkat kematangan ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *